Tips Merawat Mesin Turbo Toyota Raize

Tips Merawat Mesin Toyota Raize Turbo – Sebagian orang masih meragukan perawatan mobil yang didukung teknologi turbo, termasuk calon pengguna All New Raize Turbo yang mengandalkan mesin 1.000 cc 3 silinder turbo yang menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm.

Sebenarnya merawat mesin ini tidak sesulit yang dibayangkan selama customer rutin melakukan service rutin sesuai rekomendasi. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemiliknya, antara lain:

Pelajari Manual Kendaraan

Buku panduan kendaraan berisi petunjuk tertulis dan gambar berupa ilustrasi yang sederhana dan mudah dipahami. Manual berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, petunjuk pemasangan, identifikasi masalah, petunjuk pemasangan, spesifikasi produk dan petunjuk pemeliharaan dan pemecahan masalah.

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Konsumsi bahan bakar yang tidak tepat, seperti nilai oktan di bawah yang direkomendasikan, akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna yang menyebabkan hilangnya tenaga dan menyebabkan ketukan atau gelitik. Dalam jangka panjang, jika diabaikan bisa merusak mesin.

Perhatikan kondisi oli mesin

Mengingat performa turbo yang cukup berat karena mampu berputar hingga 25.000–30.000 rpm, maka wajib menggunakan oli seperlunya untuk menjaga durabilitas turbo. Gunakan oli TMO sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan gantilah secara teratur pada waktu servis yang teratur.

Ganti Filter Udara Sesuai dengan Manual Servis

Turbo menyedot udara dari luar untuk dikompresi ke ruang bakar mesin. Selalu perhatikan kondisi filter udara agar berfungsi optimal untuk menyaring kotoran agar tidak terbawa. Segera ganti jika filter udara terlalu kotor agar tidak menghalangi aliran udara dan jangan dibersihkan karena akan membuat elemen dan berpotensi menyedot vakum turbo yang kuat.

Toyota Raize Pakai Mesin Turbo Tiga Silinder

Tipe SUV kembar ini, seperti Rush dan Terios, kabarnya akan masuk ke pasar otomotif Indonesia. Pilihan gearbox CVT dan manual 6-percepatan. Selain itu, Toyota melengkapi Raize dengan teknologi keselamatan seperti pemantauan titik buta, lampu sein, sistem parkir pintar, lampu depan LED dengan sinar penggerak adaptif, sistem deteksi pejalan kaki, dan kontrol jelajah adaptif.

Toyota Raize juga memiliki tambahan airbag yaitu dual front airbag dan side airbag yang menjadi standar di semua varian. Raize memiliki tampilan depan dengan sulur trapesium besar dan sisipan jala yang membuatnya lebih mirip SUV mini-RAV4. Raize juga mendapatkan pilar D mengambang dan bumper tinggi serta sisipan hitam kontras yang unik. SUV kompak ini didasarkan pada platform DNGA berbiaya rendah dari arsitektur modular TNGA yang canggih.

Mesin Tiga Silinder

Mesin 3 silinder adalah salah satu yang dihindari konsumen. Penyebabnya adalah getaran yang tinggi. Teknologi mesin saat itu belum mampu mengatasi masalah getaran pada mesin silinder ganjil. Karena dijauhi konsumen, tidak banyak produsen mobil yang memproduksi mesin ini. Pabrikan mobil juga lebih suka membuat mesin silinder genap seperti empat, enam, atau delapan silinder.

Seperti Toyota dan Daihatsu yang membuat mesin 3 silinder untuk mobil murah, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Suzuki juga mengaplikasi mesin 3 silinder pada Suzuki Karimun. Ada beberapa keuntungan menggunakan mesin 3 silinder. Desain kompak, ringan dan biaya rendah.

Teknologi ini mengurangi getaran mesin, mengurangi kebisingan dan mengurangi kekasaran mesin. Teknologi mesin 3 silinder pada mobil mewah bahkan lebih canggih pada mobil mewah. Seperti Ford Ecoboost, mesin 3 silinder pada mobil mewah memiliki teknologi canggih yang sama. Mesin ini dilengkapi turbo, injeksi langsung, dan peredam getaran tingkat lanjut. Jadi performa dan tingkat getarannya tidak sama dengan mobil murah.

Dengan teknologi canggih ini, mesin 3 silinder berkapasitas kecil memiliki tenaga dan torsi yang sama dengan mesin yang lebih besar dengan teknologi konvensional. Namun dengan bahan bakar yang lebih irit. Contohnya pada Ford. Ford mengklaim teknologi Ecoboost yang diterapkan pada 1.000 cc Ford Fiesta memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 18,9 km per liter bensin.

Keuntungan menggunakan mesin 3 silinder

Lalu apa poin plusnya jika menggunakan mesin 3 silinder? Salah satunya, menurut Didi, biaya yang tidak terlalu mahal jika mesin bermasalah. Selain itu, mesin 3 silinder juga lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Dari segi performa, mobil silinder ganjil lebih bertenaga dalam hal pull down atau torsi.

Konsumen tidak perlu khawatir dengan performa dan kenyamanan Naikkan mobil, meski hanya memiliki mesin 3 silinder.

Mengapa Mesin Mobil 3 Silinder Bergetar?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, getaran mesin merupakan karakter umum pada mobil 3 silinder. Cukup saling pukul (getaran), mesin pasti lebih halus.

Demikian pembahasan tentang tips merawat mesin toyota naikkan, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Postingan Tips Perawatan Mesin Toyota Raize Turbo pertama kali muncul di automotivemagz.com.