Tips Menjaga Cat Mobil agar Tetap Mengkilap

Kilauan cat mobil sangat tergantung bagaimana kita merawatnya. Tapi mungkin sebagian orang merasa sulit melakukannya. Karena perawatan cat mobil cukup menyita waktu dan kesabaran Anda. Perlu Anda ketahui, setiap mobil bekas dengan tahun atau cat warna yang sama memiliki harga yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan performa eksterior mobil tersebut baik atau mungkin tidak. Oleh karena itu, jagalah agar cat mobil tetap mengkilap sebagai salah satu langkah untuk menjaga nilai jual mobil Anda.

Disini admin akan memberikan sedikit panduan merawat cat mobil agar tetap mengkilat, langsung saja simak tipsnya dibawah ini.

1. Teknik mencuci

Teknik mencuci merupakan langkah awal yang perlu Anda ketahui dengan benar, karena teknik mencuci yang Anda lakukan pada awalnya salah. Usahakan untuk membersihkan mobil Anda di tempat yang teduh jauh dari sinar matahari langsung. Membersihkan mobil sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas atau pada sore hari setelah pulang kerja.

Saat membersihkan mobil, Anda harus mulai dari bawah, dan terus naik ke atas. Dalam urutan ini, bersihkan ban dan pelek dan sisi spatbor, lalu ke bumper depan dan belakang, lalu ke sisi pintu, dan terakhir ke sisi atap mobil. Catatan, jangan gunakan spons tunggal untuk membersihkan mobil. Anda harus membedakan mana yang ada di bagian bawah mobil dan bagian atas atau badan mobil. Karena kotoran yang menempel pada velg, ban dan spatbor seperti kotoran berupa butiran debu atau batu-batuan kecil yang dapat menggores cat mobil anda. Gunakan sampo khusus yang kurang lebih tepat untuk jenis cat mobil Anda. Jangan lupa untuk membaca panduan pengguna.

2. Teknik pengobatan

Setelah benar-benar bersih dari kotoran atau debu, langkah selanjutnya adalah mengetahui teknik perawatannya. Gunakan lilin untuk membuat mobil Anda mengkilap. Pertama kali Anda mengoleskannya pada area yang ingin di-wax, diamkan selama 5 hingga 10 menit. Setelah lilin mengering dan mulai mengeras, poles dengan kapas lembut atau kain mikrofiber. Catatan, jangan sering-sering wax, karena wax ini memiliki khasiat mengurangi lapisan cat mobil Anda. Lakukan saja setiap dua minggu sekali.

3. Latihan

Jika Anda sudah menguasai 2 teknik di atas dengan benar, maka praktikkan. Memang dalam penerapannya cukup sulit, seperti yang sudah disebutkan di paragraf pertama, perawatan cat mobil memang cukup menyita waktu dan kesabaran Anda. Selain itu, lindungi mobil Anda dari hujan dan sinar matahari langsung. Usahakan untuk tidak memarkir mobil Anda di bawah pohon, karena selain berisiko tertimpa ranting, getah pohon dapat merusak lapisan cat mobil Anda.

Postingan Tips Menjaga Cat Mobil Mengkilap pertama kali muncul di automotivemagz.com.