Punya Space Terbatas, Begini Cara Aman Bawa Barang di Sepeda Motor

Ini memiliki kapasitas terbatas untuk menampung bagasi, dengan cara ini tips cara aman membawa barang di sepeda motor. Cara yang aman dan tidak melanggar aturan.

Sebagai alat transportasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk beraktivitas sehari-hari, sepeda motor selain praktis juga dapat membantu memangkas waktu karena dapat menerobos kemacetan. Selain mengangkut penumpang, pengemudi juga kerap membawa barang. Namun, membawa terlalu banyak barang dengan sepeda motor dapat melanggar aturan dan menyebabkan potensi bahaya.

Karena ruang penyimpanan sepeda motor sangat terbatas, pengendara harus memperhatikan faktor penting saat membawa barang mengingat beberapa pengendara mengalami kecelakaan akibat kelebihan kapasitas barang bawaan yang dibawa saat menggunakan sepeda motor.

“Pada dasarnya, sepeda motor tidak dirancang untuk membawa barang yang besar dan berat. Sebaiknya barang bawaan dibawa dalam batas yang wajar dan tidak mengganggu saat berkendara, baik untuk pengemudi sendiri maupun untuk orang lain,” jelas Ludhy Kusuma, Kepala Seksi Pengembangan Safety Riding PT. Superpower Motora.

Ada beberapa cara atau poin penting yang harus diperhatikan saat membawa barang dengan sepeda motor agar tetap aman dan nyaman untuk selalu #Search_Aman, seperti:

  • Jika barang memiliki dimensi besar, pastikan diikat erat ke jok belakang, disarankan dimensi barang yang dibawa tidak terlalu besar agar tidak membahayakan pengemudi atau pengguna jalan lainnya.
  • Disarankan juga agar barang yang Anda bawa tidak menutupi lampu sein agar saat berbelok ke kanan atau ke kiri, pengendara lain dapat melihat lampu sein
  • Sangat disarankan agar barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara dan tidak lebih lebar dari stang kemudi agar tidak menutupi fungsi kaca spion.

Pengemudi harus bebas saat mengendarai sepeda motor, sehingga tidak disarankan barang yang dibawa melebihi lebar stang kemudi dan menutupi pandangan pengendara di kaca spion.

  • Pastikan barang bawaan diikat dengan kencang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, setidaknya meminimalisir barang yang jatuh.
  • Untuk sepeda motor tipe matic, jika barang bawaannya kecil sebaiknya diletakkan di bawah jok atau di samping kaki depan pengendara. Posisi item seperti ini akan lebih mudah dikendalikan oleh pengemudi saat mengemudi
  • Jika barang bawaannya banyak dan berdimensi besar, disarankan untuk tidak membawanya dengan sepeda motor karena ruang penyimpanan barang di sepeda motor berbeda dengan kendaraan roda empat. Jika bagasi berukuran besar dan memiliki dimensi yang besar, sebaiknya menggunakan jasa angkutan barang atau menggunakan mobil pribadi agar lebih aman.

Postingan Punya Tempat Terbatas, Begini Cara Aman Bawa Barang di Motor Muncul Pertama Kali di Naik Motor | Jurnal pengendara sepeda motor.

Postingan Punya Tempat Terbatas, Begini Cara Aman Bawa Barang di Sepeda Motor pertama kali muncul di automotivemagz.com.