Panduan Dosen Dalam Pemberian Mata Kuliah Dalam System Online Learning

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Proses pembelajaran tetap berjalan walaupun tidak normal seperti biasanya. Perguruan tinggi dituntut untuk membentuk sistem program pembelajaran yang baru. Pembelajaran online mulai diterapkan oleh berbagai universitas.

Sebuah solusi agar keberlangsungan pendidikan tidak terhenti. tonggak sejarah agen perubahan terletak pada keberhasilan pendidikan. Baik dari sistem atau keterampilan lunak mampu membawa perubahan.

Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia telah menerapkan sistem pembelajaran online. Sehingga perlu dipahami penggunaan sistem dari mahasiswa atau dosen.

Sistem Pembelajaran Online

Penyediaan kursus online dilakukan oleh semua guru dalam memberikan pembelajaran. Khusus di Universitas UHAMKA untuk dapat menggunakan sistem pembelajaran online, dosen perlu melakukan login terlebih dahulu di website onlinelearning.uhamka.ac.id. Setelah login, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard.

Para dosen dasbor beberapa kursus ditampilkan ikhtisar kursus dimana telah ditambahkan oleh admin kepada dosen yang bersangkutan. Jadi Anda hanya perlu memasukkan mata kuliah yang akan diajarkan saat itu.

Caranya dengan memilih judul kursus. Setelah memilihnya, kontrak dan orientasi pembelajaran akan muncul sebagai daftar rencana pelajaran dan bahan ajar. Sebagai dosen dalam mengajar, Anda perlu menyiapkan media konten yang harus dibuat langsung di halaman. Selain itu, perlu menyiapkan RPS dan bahan ajar.

Penggunaan pembelajaran online akan memudahkan dosen dalam menjalankan sistem kuliah online. Tapi itu juga perlu dipelajari dari admin agar semua orang bisa mengerti.

Baik dosen maupun mahasiswa sedang belajar untuk memulai sesuatu yang baru. Awalnya hanya bisa bertatap muka hanya untuk penyusunan RPS, bahan ajar dan media. Namun kali ini tentu berbeda bagi dosen, dalam pembelajaran online membutuhkan editing serta pengisian berbagai macam data.

Semua data yang tersedia tentang pembelajaran harus benar. Sehingga pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran online dengan siswa tidak menimbulkan kebingungan.

Kuliah online bersama dosen menyediakan bahan ajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa. Dalam mendapatkannya, siswa hanya perlu mendownload file-file yang sudah tersedia.

Memulai sesuatu yang baru memang tidak mudah. Tapi semua harus belajar dan membiasakan diri. Seperti halnya penggunaan pembelajaran online. Semua yang terlibat perlu mempelajarinya dengan panduan admin.

Postingan Bimbingan Dosen dalam Pemberian Mata Kuliah dalam Sistem Pembelajaran Online pertama kali muncul di automotivemagz.com.