Grup Astra Dukung Ekspor Otomotif Ke Pasar Global

Jakarta Desember 2020 – Dalam rangka mendukung ekspor nonmigas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Grup Astra berpartisipasi dalam acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual dari Negara. Istana (4/12).

Pelepasan ekspor serentak ini merupakan inisiatif bersama antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan dunia usaha yang juga merupakan langkah konkrit untuk membantu ekspor nonmigas saat pandemi, meningkatkan ekspor UKM, mempertahankan pembeli setia, meningkatkan investasi dan menumbuhkan ekonomi nasional tahun depan.

Perusahaan Grup Astra yang berpartisipasi dalam acara Export Release adalah PT Astra Otoparts Tbk (AOP), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Dalam kegiatan ini, AOP mengekspor komponen otomotif untuk pasar pengganti dan segmen original equipment manufacturer (OEM), ADM mengekspor kendaraan Gran Max, sedangkan IAMI mengekspor kendaraan niaga yaitu Isuzu Traga yang meresmikan ekspor perdananya ke Filipina. telah diterapkan pada Desember tahun lalu.

“Semoga keikutsertaan Grup Astra dalam kegiatan ekspor ini dapat mendukung program pemerintah yaitu ekspor nonmigas, serta turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kita yakin kita semua bisa melalui pandemi ini. syaratnya kalau kita saling mendukung, "kata Direktur Utama Astra Djony Bunarto Tjondro.

Ekspor Roda Empat Grup Astra Mencapai 61% dari Total Ekspor Nasional. Grup Astra telah mendukung program ekspor nonmigas, terutama untuk produk dan komponen otomotif. Bisnis roda empat dan roda dua dari Grup Astra dengan kapasitas produksi masing-masing lebih dari 700.000 unit per tahun dan lebih dari 5 juta unit per tahun, sebagai strategi produksi unggulan untuk melayani kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sejak Januari hingga Oktober 2020, ADM mengekspor 67.740 CBU kendaraan roda empat ke 75 negara tujuan ekspor. Volume ekspor ADM mencapai 37% dari total ekspor kendaraan roda empat nasional yang mencapai 180.903 unit.

Grup Astra melalui pabriknya di Toyota juga telah mengekspor 42.131 CBU kendaraan roda empat sepanjang Januari hingga Oktober 2020, atau 23% dari total ekspor kendaraan roda empat nasional. Secara nasional, total ekspor pabrikan Grup Astra yaitu Daihatsu dan Toyota mencapai 109.871 unit atau 61% dari total ekspor kendaraan roda empat CBU nasional.

Dalam kurun waktu kurang dari setahun, IAMI mengekspor 2.689 unit Isuzu Traga atau senilai US $ 28 juta dari Januari hingga Oktober 2020. Di pasar sepeda motor, Grup Astra juga mengekspor 221.556 unit sepeda motor CBU Honda dari Januari hingga Oktober 2020 atau 41 unit. %. dari total ekspor sepeda motor nasional yang mencapai 542.016 unit.

Bang Cowboy, ASTRA

Postingan Grup Astra Mendukung Ekspor Otomotif ke Pasar Global muncul pertama kali di Magz Automotive.