Alasan Pentingnya Memanaskan Mobil yang Lama Tak Dipakai

Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak pengendara tua yang memarkir kendaraannya karena memilih bekerja dari rumah. Kini Mitsubishi mengingatkan Anda, jika menemui situasi seperti itu, disarankan agar pengendara segera memperbaiki kendaraannya. Karena pelumas yang mengendap dalam waktu lama tidak baik untuk digunakan.
“Soal oli atau pelumas, sebenarnya pihak pabrikan oli atau pelumas tidak ada keterangan atau sudah berapa bulan atau berapa lama oli maksimal bisa tertahan di mesin. Namun, saat mobil diam selama sebulan yang menyebabkan pelumas mengendap. Lama-lama itu membuat beberapa bagian tidak lagi terlumasi dengan pelumas dan bila dinyalakan bisa merusak bagian-bagian tersebut, ”kata General Manager Divisi Purna Jual PT MMKSI, Boediarto.

Untuk itu, lanjut Boediarto, disarankan untuk tetap memanaskan mesin meski mobil diparkir dalam waktu lama agar seluruh bagian mesin bisa terlapisi pelumas.

“Sebaiknya mobil dipanaskan, kalau bisa 3 hari sekali, kalau tidak bisa seminggu sekali atau 2 minggu sekali jangan dibiarkan panas dalam sebulan nanti nanti ada sedimentasi dan nantinya akan ada bagian tertentu yang tidak terlumasi. Dikhawatirkan pelumas akan mengental. Setelah sebulan, lebih baik mobilnya diperbaiki dan diganti pelumasnya, ”kata Boedi.

Soal pengecekan oli, kalau oli kurang, baru ditambah. Tapi perlu diingat jika mobil sudah lama diam atau sudah lama terparkir, tapi oli sudah berkurang, cari apakah ada yang bocor atau tidak. Ya intinya ditambah dan harus pastikan oli sama. Apa dampaknya? Kalau tambah oli baru yang umurnya 10 ribu km jaraknya akan berkurang, ”imbuh Boedi.

Dalam kesempatan yang sama, Boedi mengatakan Mitsubishi menjamin ketersediaan suku cadang di diler Mitsubishi tidak akan berkurang. Karena meski dilarang mudik, akan ada dealer yang ditunjuk untuk tetap memanjakan konsumen.

“Sampai saat ini MMKSI bisa menjamin ketersediaan suku cadang di dealer kita, karena kita sudah memiliki seseorang yang mengontrol dan menaikkan level stok kita untuk meningkatkan lonjakan permintaan. Jadi konsumen tidak perlu khawatir,” pungkas Boedi.

sumber: oto.detik.com

Postingan Alasan Pentingnya Menghangatkan Mobil yang Sudah Lama Tidak Digunakan pertama kali muncul di Otomotifmagz.com.