6 Langkah Pengecekan dan Perawatan Ban Mobil Untuk Kondisi Optimal

Jakarta – Ban mobil mungkin menjadi salah satu komponen yang sering dilewatkan pengguna. Padahal komponen ini memiliki peran vital dalam keselamatan perjalanan dan berkendara. Perawatan ban sering kali terlupa jika tidak dalam kondisi bocor atau kempes, oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan secara berkala oleh pemilik mobil agar tetap aman saat berkendara.

Boediarto, Head of After Sales & CS Operation PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menyampaikan pentingnya peran ban mobil dalam memastikan kondisi berkendara yang aman dan nyaman.

“Sebagai komponen mobil bergerak yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, ban memiliki peran penting dan membutuhkan pengecekan dan perawatan secara berkala. Pengguna bisa mengecek dan memelihara dengan cara memutar ban, mengecek tekanan udara, melakukan spooring dan balancing, serta mempersiapkan kondisi ban serep, ”lanjutnya.

Hal-hal utama yang dibutuhkan dalam pengecekan ban mobil adalah sebagai berikut:

  1. Periksa Tekanan Udara

Poin ini adalah poin pertama dari rutinitas pengecekan ban. Anda dapat dengan mudah melihat sekeliling mobil untuk melihat apakah ban kempes atau tekanan udara berkurang. Selain untuk keamanan dan kenyamanan, tekanan udara yang sesuai dengan spesifikasi akan membuat umur ban lebih lama dan juga menghemat bahan bakar. Jika tekanan udara pada ban kurang, maka resiko mengalami ban pecah semakin besar. Pasalnya, dinding samping ban akan dipaksa untuk selalu bersinggungan dengan jalan dan pada akhirnya menjadi aus / tipis sehingga tidak mampu menahan beban mobil.

  1. Pengukuran Standar Tekanan Udara

Untuk melihat besar kecilnya tekanan udara sesuai standar pabrikan bisa melihat stiker yang biasanya terdapat di sisi kanan pilar B pintu depan mobil, di sisi pengemudi. Atau biasanya informasi juga tersedia di buku manual kendaraan. Tekanan udara maksimal yang diperbolehkan oleh produsen ban biasanya juga tertera di dinding ban, jangan melebihi batas tersebut.

  1. Melakukan Rotasi Ban

Pada interval tertentu, perlu dilakukan rotasi atau perpindahan posisi keempat ban mobil. Intinya, laju keausan ban akan menyebar secara merata sehingga mempengaruhi kenyamanan berkendara. Ada banyak cara untuk merotasi ban, tergantung dari jenis ban yang digunakan. Rotasi ban ini disarankan dilakukan setiap penambahan 10.000 km.

  1. Rutinitas Spooring – Menyeimbangkan

Selain perputaran ban, setiap kendaraan juga wajib melakukan pengecekan kondisi ban secara berkala. Mungkin lebih dikenal dengan istilah spooring dan keseimbangan. Pengobatan idealnya spooring dan keseimbangan ini dilakukan setiap 10.000 km, bersamaan dengan putaran ban. Kalau terasa setir mobil bergetar atau sudah tidak lurus lagi. Atau kalau jalan lurus, maka mobil akan cenderung ke kanan atau ke kiri. Itu bisa menjadi indikator untuk melakukan spooring dan keseimbangan. Spooring Itu sendiri merupakan proses untuk menyetel kembali posisi keempat roda mobil seperti semula keseimbangan adalah proses menyeimbangkan roda mobil. Jika perawatan ini tidak dilakukan maka dampaknya akan membuat berkendara tidak nyaman, setir terasa goyah dan semakin parah ban mobil akan mengalami keausan yang tidak rata.

  1. Perhatikan Beban Kendaraan

Usia ban juga ditentukan oleh gaya berkendara Anda, salah satunya dengan menjaga kapasitas muatan sesuai anjuran. Jangan melebihi daya dukung beban karena akan mengganggu fungsi ban serta pengereman dan berpotensi membahayakan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Selain itu, gaya berkendara sangat menentukan kondisi ban. Misalnya, jika Anda terlalu sering melakukan pengereman dan menikung dengan kecepatan tinggi. Kemudian kondisi ban akan cepat aus, selain itu gaya mengemudi ini lebih berbahaya.

  1. Periksa Kondisi Ban Serep

Pengemudi tidak tahu kapan akan membutuhkan ban serep, oleh karena itu sebaiknya selalu memperhatikan kondisi ban serep tersebut. Meski berfungsi sebagai cadangan, namun harus dipastikan ban serep tersebut akan berfungsi dengan baik saat digunakan. Untuk itu merawat ban serep dengan melakukan pengecekan secara rutin, baik tekanan udara maupun tampilannya.

Bang Koboi, MMKSI

Posting 6 Langkah untuk Memeriksa dan Merawat Ban Mobil untuk Kondisi Optimal muncul pertama kali di Magz Automotive.